Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), diharapkan dapat mengangkat kembali citra makanan khas Timor Tengah Selatan serta pengembangan potensi pangan lokal yang nantinya dapat mendukung program ketahanan pangan masyarakat TTS.

Harapan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Timor Tengah Selatan, Ir. Rambu Atanau Mella tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan lomba cipta menu B2SA Tingkat Kabupaten TTS, di Aula Sekretariat TP PKK Kabupaten TTS, Rabu (31/8/2016).

“Lomba Cipta Menu B2SA merupakan salah satu upaya TP PKK Kabupaten TTS untuk mempromosikan hasil kekayaan daerah serta memotivasi TP PKK kecamatan dan desa untuk berkreasi menciptakan berbagai menu makanan yang memanfaatkan pangan lokal,” ujar Rambu Mella.

Hal ini penting karena ketahanan pangan masyarakat merupakan hal yang sangat mendasar dan strategis mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang paling utama. Dengan demikian, pemenuhan pangan merupakan bagian dari hak asasi individu dan sebagai komponen dasar untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.

Untuk itu Ir. Rambu Mella berharap semua yang terlibat dalam Lomba Cipta Menu B2SA ini, nantinya mampu mensosialisasikan semua yang diketahui kepada masyarakat sehingga masyarakatpun terbiasa dengan pola makan yang menggunakan menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman demi terciptanya manusia yang sehat. “TP PKK Kabupaten TTS mendukung suksesnya program Pemerintah yakni mengurangi gizi buruk,” tegas Rambu Mella.

Peserta lomba B2SA, Paulina Foeh–Dima (Ketua TP PKK Kecamatan Kotolin) mengatakan dirinya sangat senang dapat mengikuti kegiatan tersebut, karena dapat berkreasi mencoba resep–resep baru dengan memanfaatkan pangan lokal. “Pengalaman dan ilmu yang diperolehnya akan dibagikan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Kotolin,” ujar Paulina Foeh.

Lomba Cipta Menu B2SA merupakan rangkaian kegiatan yang digelar dalam acara Festival Budaya Daerah TTS ke–7 tahun 2016, diikuti oleh 21 peserta lomba dari 21 TP PKK Kecamatan. Adapun yang berhasil keluar sebagai Juara I, TP PKK Kecamatan Mollo Utara, Juara II, TP PKK Kecamatan Kota SoE, Juara III, TP PKK Kecamatan Amanatun Selatan, Juara harapan I, TP PKK Kecamatan Mollo Selatan, Juara Harapan II, TP PKK Kecamatan Amanuban Timur dan Juara Harapan III, TP PKK Kecamatan Oenino. sumber(humaspro setda tts)

Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar



Berita Umum ini ditulis pada 15 September 2016 oleh john rea