Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan sebagai wadah untuk membangun kerjasama antara Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan desa dalam rangka memperjuangkan percepatan pembangunan terlebih dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten TTS.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati TTS, Ir. Paulus V.R. Mella, Msi ketika membuka dengan resmi Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten TTS di aula Gunung Mutis Kantor Bupati TTS, Rabu (3/8/2016).

Dikatakannya, rapat koordinasi Pemerintah Daerah Kabupaten TTS wajib dilakukan paling tidak 2 kali dalam setahun yakni pada awal kegiatan tahun 2016 tetapi mengingat kabupaten TTS disibukkan dengan proses pemilihan kepala desa serentak dan baru selesai di bulan juni kemarin sehingga rapat ini baru dapat diselenggarakan.

Beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten TTS yakni pada bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan bidang infrastruktur. “Selain itu juga dibutuhkan perhatian khusus mengenai percepatan pembangunan di desa yang semuanya tidak terlepas dari pengelolaan dana desa (ADD Desa),” jelas Bupati Mella. Hingga saat ini terdapat 116 desa yang belum mengajukan permintaan pencairan dana, hal tersebut tentunya sangat disayangkan karena akan menghambat dan mempengaruhi kegiatan fisik yang sudah direncanakan dan dituangkan dalam APBDes. Untuk itu kepada para kepala desa yang baru diharapkan segera menyusun RPJMDes sehingga tidak menghambat pencairan yang ada dan tetap melaksanakan anggaran yang telah ditetapkan dalam APBDes.

Dikatakannya, pencairan dana desa untuk tahun 2016 dilaksanakan dua tahap yakni bulan Maret dan Agustus. “Pencairan dana tersebut harusnya menjadi perhatian yang serius mengingat dana desa tahun ini cukup besar untuk semua desa yakni kurang lebih 77 M sedangkan dana desa yang ditrasfer dari pusat ke rekening daerah sebesar 165,1 M termasuk yang ada di APBD sebesar 1,2 triliun yang nantinya dibagi kepada 65 SKPD untuk disinergiskan dalam tahun ini dalam percepatan pembangunan di Kabupaten TTS sehingga diharapkan nantinya kegiatan tersebut langsung menyentuh kepada masyarakat,” tegas Bupati Mella.

Untuk itu melalui rakon ini, Bupati berharap seluruh komponen saling bekerjasama untuk melakukan kegiatan yang dapat dinikmati oleh masyarakat dan dapat merubah wajah TTS ke arah yang lebih baik dalam segala aspek diantaranya aspek pendidikan, pangan, sandang, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur.

Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nikson D.E. Nomleni, S.Sos, Msi dalam laporannya mengatakan tujuan penyelenggaraan rapat koordinasi tersebut sebagai wahana konsolidasi dan sinkronisasi sehingga dapat dirumuskan suatu keluaran berupa kerangka kebijakan dan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang lebih baik. Anggaran pelaksanaan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2016 melalui DPA Bagian Pemerintahan Umum Setda Kabupaten TTS.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten TTS, Wakil Bupati TTS, Pejabat yang mewakili Sekretaris Eksekutif TMP2K, Pejabat yang mewakili pejabat Kepala BPKP Perwakilan Provinsi NTT, Sekretaris Daerah Kabupaten TTS, para Asisten Sekda Kabupaen TTS, Pimpinan SKPD, para Camat, Danramil, Kapolsek, Danposramil serta para Kepala Desa/Lurah se Kabupaten TTS. sumber(humaspro setda tts)

Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar



Berita Umum ini ditulis pada 26 Agustus 2016 oleh admin