pertambangan

Sektor pertambangan juga merupakan salah satu andalan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jenis bahan tambang yang ada di Kabupaten Timor Tengah Selatan terdiri dari Gamping Tuafan, Gamping Lepungan, Gamping Dolomitan, Gamping Koral, Gamping Pasiran, Gamping Padam, Batu Pasir, Pasir Gunung, Batu Pasir Omamen, Lempung, Batu Warna, Pasir Kwarsa/Karbonat, Gneis, Marmer, Kalsit, Diabas, Batu Gamping Rijangan, Napal, Bentonit, Oker, Pasir, Sirtu Sungai, Sirtu Gunung, dan Batu Mangan, yang penyebarannya hampir di semua kecamatan. Dari olahan bahan tambang tersebut maka diperoleh jenis hasil tambang berupa bata ringan, keramik, pupuk, semen, sabun, cat, odol, batako, kapur, omamen, genteng, bahan bangunan, besi dan baja.Sedangkan untuk jumlah cadangan deposit dari semua jenis bahan tambang di Kabupaten Timor Tengah Selatan berjumlah 41.471.552.955 M3.

Selain potensi pertambangan juga terdapat beberapa potensi energi lainnya seperti :

  1. Potensi energi angin;

Terdapat beberapa potensi energi angin diwilayah Kabupaten TTS antara lain : berlokasi di Kecamatan Nunkolo (Wilayah Desa Putun) dan Kecamatan Mollo Utara (Wilayah Desa Netpala)

     2. Potensi Energi Mikro Hidro.

Potensi ini terdapat di daerah–daerah yang memiliki sumber daya air sungai yang cukup besar sebagai potensi mikro hidro, yang terdapat di desa Oehala Kecamatan Mollo Tengah.

    3. Potensi Energi Matahari (Solar sel).

Potensi ini sangat memungkinkan untuk dikembangkan sebagai energi terbaru bagi pengadaan listrik untuk masyarakat. Beberapa desa telah menggunakan teknologi yang memanfaatkan energi matahari untuk penerangan rumah di malam hari.




Statistik Pengunjung

  • User sedang online: 1
  • Pengunjung hari ini: 138
  • Pengunjung kemarin: 291
  • Pengunjung Minggu ini: 43.655
  • Pengunjung Bulan ini: 91.910
  • Pengunjung Tahun ini: 763.164
  • Jumlah Pengunjung: 783.832

Peta Kabupaten TTS