Pemda TTS mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI, Dirjen Perbendaharaan Kanwil Propinsi NTT untuk kategori realisasi dan progress pekerjaan fisik dana DAK semester 1 tahun 2019 terbaik.

Kabupaten TTS menjadi Kabupaten terbaik di propinsi NTT dalam hal realisasi dan progress fisik pekerjaan yang bersumber dari dana DAK.

Kepada pos kupang.com, Selasa (30/7/2019) Bupati TTS, Egusem Piether Tahun mengatakan, penghargaan yang diberikan Kementerian Keuangan RI tersebut merupakan bukti dari kinerja Pemda TTS dalam pengelolaan dana DAK.

Bupati Tahun menegaskan prestasi yang diraih tersebut merupakan buah dari kerja sama dan kerja keras semua komponen OPD dan Badan dalam pengelolaan dana DAK.

“Ini merupakan penghargaan yang pertama kali diraih Pemda TTS untuk kategori pengelolaan dana DAK. Ini hasil dari kerja sama dan kerja keras seluruh OPD dan Badan dalam pengelolaan dana DAK. Oleh sebab itu, saya ucapkan terima kasih untuk semua pihak untuk memberikan kontribusi dalam pengelolaan dana DAK,” ungkap Bupati Tahun.
Pada tahun 2019 lanjut Bupati Tahun, Pemda TTS mendapatkan alokasi dana DAK senilai 571 miliar lebih.

Hingga semester pertama, Pemda TTS sudah melakukan pencarian dana DAK senilai 265 miliar lebih atau 46 persen. Presentase ini merupakan yang tertinggi di Propinsi NTT.

Sementara untuk progres fisik sendiri, Bupati Tahun menyebut rata-rata pekerjaan fisik sudah di atas 50 persen.
“Realisasi pencairan dana DAK kita sudah 46 persen dan ini yang tertinggi di seluruh Kabupaten/kota di Propinsi NTT. Target saya paling lambat November realisasi pencairan dana DAK sudah harus 100 persen,” tandasnya.

Untuk itu, Bupati Tahun akan melakukan pengawasan dan kontrol terhadap realisasi dan pekerjaan fisik dana DAK di lapangan.

Dirinya meminta seluruh OPD untuk terus terpacu untuk bekerja lebih maksimal dengan penghargaan yang sudah diterima.
“Saya akan kontrol dan awasi sendiri mulai dari realisasi hingga pekerjaan fisik di lapangan. Penghargaan yang kita raih harus menjadi motivasi untuk kita bekerja lebih baik lagi,” pintanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Edison Sipa mengatakan, untuk tahun 2019 Dinas Pendidikan mendapatkan alokasi dana DAK senilai 39 miliar. Saat ini sudah dilakukan realisasi sebanyak 25 persen dengan progres fisik sudah mencapai 30 persen. Ia menargetkan, pada November mendatangkan realisasi pencairan dana DAK sudah 100 persen.

“Realisasi pencairan dana DAK kita sudah 25 persen dengan progres fisik mencapai 30 persen. Saya optimis November realisasi sudah 100 persen,” pungkasnya. (sumber: pos kupang/dion kota)

Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar



Berita Umum ini ditulis pada 31 Juli 2019 oleh admin