Para kepala desa (Kades) dan camat menyatakan siap menyukseskan program Pemda TTS guna melakukan percepatan penurunan angka stunting.
Alokasi dana desa pun siap digelontorkan untuk mendukung program tersebut.

Kades Koa, Yustus Bani, Kades Sono, Elkana Boti, Camat Amanuban Selatan, Jhon Asbanu dan Camat Amanatun Selatan, Ardy Benu menegaskan komitmen untuk menekan angka stunting di wilayah masing-masing.

Tak hanya itu, para camat dan kades juga siap berkoordinasi dengan stakeholder terkait guna menyukseskan program tersebut.

“Prinsipnya kami sangat mendukung program pemerintah untuk menekan angka stunting di Kabupaten TTS. Kami siap alokasikan dana desa untuk mendukung program pemerintah. Untuk itu, kedepan kita akan melakukan perubahan APBDes sehingga program percepatan penurunan angka stunting bisa diintervensi melalui dana desa,” ungkap Kades Koa dan Kades Sono dalam kegiatan rembuk aksi percepatan penurunan angka stunting yang digelar Bapeda Kabupaten TTS dan Dinas Kesehatan Kabupaten TTS, Rabu (24/7/2019) di aula mutis, kantor Bupati TTS.
Camat Amanuban Selatan dan Amanatun Selatan juga mengatakan kesiapannya untuk mengawal agar dana desa bisa dimanfaatkan untuk menyukseskan program Kabupaten tersebut.
Tak hanya itu, keduanya mengaku siap berkoordinasi dengan stakeholder terkait dalam pelaksanaan program percepatan penurunan angka stunting.

“Kami siap mengawal dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk menyukseskan program ini,” ujar kedua.
Ditambahkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten TTS, George Mella, selama ini lewat dana desa, pemerintah desa sudah melakukan upaya menurunkan angka stunting.
Mulai dari mengangkat tenaga kesehatan desa, membangun gedung posyandu hingga membangun jaringan air bersih di desa.

“Sebenarnya desa-desa di Kabupaten TTS ini sudah melakukan intervensi untuk menekan angka stunting. Namun harus diakui memang penurunan angka stunting belum signifikan. Kedepan perlu adanya koordinasi dengan pihak terkait agar percepatan penurunan angka stunting di desa-desa bisa terwujud,” pungkasnya.

Pantauan pos Kupang, peluncuran program rembuk aksi percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten TTS dilakukan langsung oleh Bupati TTS, Egusem Piether Tahun.
Usai membuka kegiatan tersebut, dilakukan penandatanganan pernyataan komitmen pencegahan dan penanganan stunting oleh seluruh stakeholder terkait.
Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan paket makanan bergizi dari Bupati Tahun kepada stakeholder terkait sebagai simbol agar kedepan anak-anak di desa-desa diberikan makanan bergizi guna mencegah stunting. (sumber: pos kupang/ dion kota)

 

 

Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar



Berita Umum ini ditulis pada 25 Juli 2019 oleh admin