Bupati Timor Tengah Selatan Ir Paul V.R. Mella,M.Si, menerima penghargaan AMPL Award 2017 untuk kategori “Implementasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan memperhatikan Gender Eguily dan difable” dari Menteri PPN/ Kepala Bappenas RI pada hari selasa tanggal 07 Nopember 2017 bertempat di Ball Room Le Meridien Hotel Jakarta.

AMPL Award 2017 merupakan kegiatan nasional yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Nasional yang dilakukan setiap dua tahun sekali. Kegiatan Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) Tahun 2017 mengusung tema “Kerja Bersama Kejar Akses Universal” dengan salah satu agenda KSAN 2017 adalah pemberian penghargaan AMPL Award kepada pemerintah daerah yang memiliki inovasi pada pembangunan sektor air minum dan sanitasi.

Proses penilaian untuk pemberian penghargaan AMPL Award telah dilakukan oleh para juri perwakilan masing-masing Kementerian/Lembaga. Berdasarkan hasil penilaian dan kesepakatan dewan juri maka kabupaten/kota penerima penghargaan AMPL Award adalah sebagai berikut :

  1. Kota Depok, kategori “Komitmen Pemerintah Daerah dalam pengelolaan air limbah”
  2. Kota Malang, kategori “Komitmen Pemerintah Daerah dalam pengelolaan persampahan”
  3. Kota Pontianak, kategori “Inovasi dalam peningkatan akses air minum dan penurunan tingkat kebocoran”
  4. Kabupaten Lombok Tengah, kategori “Pengelolaan Sanitasi komprehensif dalm peningkatan akses sanitasi”
  5. Kabupaten Timor Tengah Selatan, kategori “Implementasi sanitasi total berbasis masyarakat dengan memperhatikan Gender Eguity dan difable

Setelah acara pemberian penghargaan saat dilakukan komperensi pers di Jakarta, Bupati Mella menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang tulus kepada Pokja Nasional AMPL yang telah melakukan penilaian, memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten TTS selama ini. Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan menerima penghargaan pada ajang AMPL Award dengan pertimbangan Prestasi ODF (Pilar 1), sudah mengembangkan dan menerapkan pilar 2 sampai 5 STBM dan inovasi kegitan STBM.

Adapun hal-hal yang telah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan diantaranya :

  1. Adanya regulasi berupa instruksi Bupati TTS mengenai STBM; Perbup TTS Nomor 18/ 2014 mengenai pengurangan dan penanganan sampah rumah tangga dan sejenis sampah rumah tangga di kab.TTS, SK Bupati untuk pembentukan Pokja AMPL Kabupaten, SK Camat untuk pembentukan Tim STBM Kecamatan, SK Kades untuk pembentukan Tim STBM Desa.
  2. Tersedianya alokasi anggaran sejak tahun 2015 untuk monitoring, promosi dan replikasi dan kegiatan terkait STBM oleh lembaga mitra
  3. Deklarasi 5 Pilar STBM
  4. Inovasi implementasi Pilar 2-5 STBM, diantaranya sudah ada bank sampah harapan dan memiliki 16 unit diseluruh kota soe, wirausaha memproduksi bak sampah, kompos, produk-produk daur ulang seperti tas, dompet dan lain-lain, lomba antar desa untuk capaian 5 pilar STBM
  5. Inklusi sosial, wirausaha sanitasi yang telah dilatih telah mampu memproduksi toilet yang digunakan untuk orang yang berkebutuhan khusus di wilayah dampingan
  6. Sekolah deklarasi 5 pilar STBM pada 100 sekolah, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten TTS
  7. Dukungan kegiatan Pemerintah Daerah dari Mitra STBM yaitu Simavi dan Plan Indonesia

Diakhir konfrensi pers Bupati Mella menyampaikan terima kasih kepada semua komponen di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan yang telah mendukung upaya Pemerintah Daerah untuk pelaksanaan STBM, sekiranya penghargaan yang diraih menjadi semangat baru bagi kita untuk terus berkarya dan bekerja bagi kemajuan Kabupaten Timor Tengah Selatan. sumber(bappeda tts, bid.pmm)

Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar



Berita Umum, Kegiatan Bupati ini ditulis pada 13 November 2017 oleh admin

Statistik Pengunjung

  • User sedang online: 1
  • Pengunjung hari ini: 69
  • Pengunjung kemarin: 177
  • Pengunjung Minggu ini: 8.311
  • Pengunjung Bulan ini: 37.436
  • Pengunjung Tahun ini: 942.139
  • Jumlah Pengunjung: 1.109.058

Peta Kabupaten TTS