Setiap warga masyarakat wajib memiliki dokumen kependudukan dan pencatatan sipil berkaitan dengan identitas diri mulai dari saat lahir bahkan sampai meninggal dunia dengan melaporkan kepada aparat Pemerintah Desa untuk ditindaklanjuti dengan pelayanan perekaman data, pengolahan dan pendistribusian dokumen secara gratis. Hal tersebut dimaksudkan agar memudahkan setiap warga masyarakat dalam berbagai aktivitas hidup.

 

 

Harapan Sekretaris Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Drs. Salmun Tabun, M.Si disampaikannya saat menyerahkan sejumlah dokumen kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat Desa Boti Kecamatan Ki’e di Kantor Desa Boti, Senin (21/11/2016).

 

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, dalam pasal 79a menyebutkan bahwa pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya.

Pemerintah berkewajiban untuk memberikan pelayanan dengan menerbitkan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil kepada setiap warga negara secara gratis, mulai dari sejak dilahirkan berupa kepemilikan akta kelahiran hingga sampai pada penerbitan dokumen akta kematian bila telah meninggal.

“Untuk itu wajib dilaporkan untuk dilakukan tindaklanjut penerbitan dokumen serta klarifikasi data secara akurat,”ujar Sekda Tabun.

 

Dalam urusan akta perkawinan, lanjut Sekda Tabun, terdapat tiga tahapan/aturan yang harus dilalui oleh setiap pasangan yang akan melangsungkan perkawinan, yakni aturan adat, aturan gereja dalam hal ini pemberkatan nikah dan aturan pemerintah dalam hal urusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Sebagai warga masyarakat yang baik, maka pasangan yang akan menikah perlu melaksanakan ketiga tahapan tersebut.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan, Drs. Semuel L.I Fallo, M.Si dalam laporannya menyebutkan bahwa dokumen yang diserahkan kepada warga masyarakat Desa Boti berupa akte kelahiran, KTP, Kartu Keluarga, Akta Nikah, Akta Perceraiaan dan Akta Kematian. sumber(humaspro setda tts)

Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar



Berita Umum ini ditulis pada 03 Januari 2017 oleh admin

Statistik Pengunjung

  • User sedang online: 1
  • Pengunjung hari ini: 138
  • Pengunjung kemarin: 291
  • Pengunjung Minggu ini: 43.653
  • Pengunjung Bulan ini: 91.908
  • Pengunjung Tahun ini: 763.162
  • Jumlah Pengunjung: 783.830

Peta Kabupaten TTS