Pembangunan keolahragaan merupakan bagian dari pembangunan manusia seutuhnya, dimana olahraga akan dapat berkembang optimal jika mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

Melalui even ini, akan lahir manusia-manusia yang memiliki kemampuan rohani dan jasmani yang baik untuk turut berperan serta pada bidang-bidang pembangunan lainnya.

Harapan Wakil Gubernur NTT, Drs. Benny A. Litelnoni, S.H, M.Si tersebut disampaikannya ketika membuka kegiatan Open Turnamen Sonhalan Cup XII Tahun 2016 di lapangan SD GMIT Niki -niki 1, Selasa (25/10/ 2016).

Olahraga telah mendapat perhatian utama dari pemerintah, yakni dengan lahirnya Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk melakukan kegiatan olahraga, memperoleh pelayanan dalam kegiatan olahraga, memilih dan mengikuti jenis atau cabang olahraga yang sesuai dengan bakat dan minatnya, memperoleh pengarahan, dukungan, bimbingan, pembinaan dan pengembangan dalam keolahragaan. Pemerintah mempunyai kewajiban untuk mengatur, membina, mengembangkan, melaksanakan dan mengawasi penyelenggeraan kegiatan keolahragaan di daerah yang dikenal dengan semboyan memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. “Semboyan ini tetap hidup dalam masyarakat Nusa Tenggara Timur,”ujar Wagub Litelnoni.

Menurut Wagub Litelnoni, melalui olahraga kita dapat mempersatukan perbedaan yang ada atas dasar sportivitas, semangat juang dan kerja sama tim untuk mencapai kemenangan serta kegembiraan bersama dan menjadi media dalam membina persahabatan, saling mengenal satu dengan yang lain, saling mempercayai dan saling menghormati.

Kepada panitia Sonhalan Cup XII, Wagub Litelnoni berpesan untuk melaksanakan evaluasi selama turnamen berlangsung guna mengetahui kendala yang dihadapi dan secepatnya dapat menemukan solusi yang baik.

Ketua Panitia Sonhalan Cup XII, Gusti E. Toh dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya turnamen bola voli Sonhalan Cup XII ini adalah selain untuk mempererat rasa persatuan, juga untuk menggali potensi-potensi atlet muda berprestasi.

Sonhalan Cup XII akan berlangsung selama 2 minggu yakni tanggal 25 Oktober s/d 5 Nopember 2016, dengan jumlah peserta yang mendaftar sampai acara pembukaan berlangsung sebanyak 20 club.

Acara pembukaan Sonhalan Cup XII dihadiri oleh Wakil Gubernur NTT, Drs. Benny. A Litelnoni S.H, M.Si, Sekretaris Camat Amanuban Tengah, Kapolsek Amanuban Tengah bersama jajarannya, Ketua PBVSI Kabupaten Timor Tengah Selatan, Ketua Majelis Jemaat GMIT Sonhalan Niki-Niki, Lurah Niki-Niki, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, panitia penyelenggara, para wasit, peserta Sonhalan Cup XII, serta masyarakat setempat. sumber (humaspro setda tts)

Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar



Berita Umum ini ditulis pada 22 November 2016 oleh admin