Masyarakat diharapkan memberikan data identitas diri yang jelas kepada aparat pemerintah desa maupun kecamatan dan data tersebut akan diteruskan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor tengah Selatan untuk diproses lebih lanjut.

Harapan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah kabupaten Timor Tengah Selatan, Drs. Salmun Tabun, Msi ketika menyerahkan menyerahkan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada masyarakat Desa Mauleum Kecamatan Amanuban Timur bertempat di halaman SD Madrasah Ibtidayah Negeri Oe’ue, Senin (15/8/2016).

Dokumen kependudukan dan pencatatan sipil lanjut Sekda Salmun Tabun, merupakan dokumen penting dan wajib dimiliki oleh setiap masyarakat sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Dokumen kependudukan dan pencatatan sipil sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk berbagai kepentingan berupa urusan pendidikan anak sekolah, kesehatan serta kebutuhan ekonomi maupun kebutuhan lainnya. “Penyerahan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini merupakan salah satu upaya pemerintah agar semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan, Drs. Semuel Fallo mengatakan, telah dilakukan penandatanganan MoU antara Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten TTS dan Pengadilan Agama serta Kementerian Agama Kabupaten TTS untuk pembentukan satu tim terpadu dalam melakukan pelayanan dari desa ke desa. Inti dari pelayanan terpadu ini adalah untuk mendekatkan pelayan kepada masyarakat, terutama kerjasama dari ketiga institusi ini, yaitu masyarakat muslim yang belum memiliki Buku Nikah dan sudah menikah secara agama, boleh Pengadilan Agama melakukan sidang Isbat dan setelah sidang Isbat, hamar putusan diserahkan ke Kementerian Agama dalam hal ini KUA menerbitkan Buku Nikah dan ditindak lanjuti dengan pembuatan Akta Kelahiran bagi anak-anak khusus bagi masyarakat muslim. Selain melaksanakan pelayanan sesuai dengan MoU, pelayanan tersebut juga melayani seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Amanuban Timur.

Dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang diserahkan kepada masyarakat Desa Mauleum Kecamatan Amanuban Timur menurut Kadis Dukcapil Kab. TTS berupa Akta Kelahiran, Akta perkawinan, KTP elektronik, Kartu Keluarga dan penyerahan Akta Kutipan Nikah.

Akta kelahiran yang diserahkan sebanyak 430 kutipan, diterima secara simbolis oleh Tarsin Kian, Ismawati Nufeto, Nurul Hidayah Nobisa, Syamsudin Busi dan Amirudin Busi. Akta perkawinan sebanyak 49 kutipan yang diterima secara simbolis oleh Marthen Toni dan Antoneta Mone, Aleksander Sopaba dan Orance Mone, Daniel Penu dan Ferderika Toni, Markus Toni dan Marsalina Taneo, Yusuf Nobisa dan Sofia Taneo. KTP Elektronik sebanyak 436 keping, diterima secara simbolis oleh Aisyah Betti, Gasper Fallo, Halimah Sete, Karim Nobisa, Safrudin Kian dan Saleh Nobisa. Kartu Keluarga sebanyak 228 Kepala Keluarga yang diterima secara simbolis oleh Halik Nobisa, Lukman Nobisa, Nikonor Tasib, Yehuda Asbanu dan Suherman Ridwan Nobisa. Sedangkan Penyerahan Akta Kutipan Nikah kepada Danial Nitbani dan Feronika Nobisa dan Syarifudin Nenoliu dan Umiyati Sesfao. sumber(humaspro setda tts)

Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar



Berita Umum ini ditulis pada 31 Agustus 2016 oleh admin