“Apresiasi dan penghargaan perlu diberikan kepada tim Kecamatan,tim Desa, Lurah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berprestasi, khususnya dalam penanganan tagihan Pajak Bumi dan bangunan (PBB) untuk meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme,” ujar Bupati Timor Tengah Selatan, Ir. Paulus V.R. Mella, MSi saat menyerahkan penghargaan kepada Camat, Kepala Desa dan ASN berprestasi dalam pungutan Pajak Bumi dan Bangunan Tahun 2015 di aula Gunung Mutis Kantor Bupati TTS, Senin (15/8/2016).

Penghargaan tersebut menurut Bupati Mella merupakan wujud perhatian dan penghargaan pemerintah atas prestasi kerja, pengabdian, kesetiaan, kejujuran, kecakapan dan disiplin dalam melaksanakan tugas dan pengabdian sebagai aparatur sipil negara. “Penghargaan yang diserahkan bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini memilki makna tersendiri dalam rangka membangkitkan semangat nasionalsme kearah profesionalisme aparatur sekaligus menjadi sumber inspirasi bagi upaya peningkatan etos kerja aparatur pemerintah di daerah ini.

Untuk itu diharapkan dengan penghargaan yang diberikan tidak dijadikan sebagai tujuan akhir dari sebuah pengabdian tetapi harus dijadikan sebagai motivas baru untuk mengabdi dengan prinsip bahwa hasil akhir dari sebuah pengabdian akan memiliki makna apabila bermanfaat bagi orang lain. Penghargaan yang diterima harus memiliki nilai tambah dalam pelaksanaan tugas, dengan menjadi aparatur yang berbeda dalam berbagai hal positif terutama dalam pengabdian kepada masyarakat.

Lebih lanjut Bupati Mella, berdasarkan pertimbangan maka ditetapkanlah surat keputusan Bupati TTS tentang penetapan Camat, Kepala Desa dan ASN pada Dinas Pendapatan Daerah Kab TTS berprestasi dalam tugas dan pelaksanaan pungutan pajak Bumi dan bangunan perdesaan an perkotaan tahun 2015.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Aba L. Anie SH, MSi mengatakan pemberian penghargaan kepada para Camat, Kepala Desa dan ASN berprestasi dalam pelaksanaan Pungutan PBB tahun 2015 merupakan terobosan yang dilakukan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan untuk para Camat, Kades dan ASN terus termotivasi meningkatkan kinerjanya khususnya dalam hal penagihan PBB-P2. “Pemberian penghargaan ini akan kembali dilakukan ditahun depan dan yang menjadi juara fotomnya akan dipajang di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten   TTS,” ujar Aba anie.

Penilaian untuk camat dan kepala desa dilihat dari pelunasan PBB-P2 tingkat desa dan tingkat Kecamatan tahun 2013, tahun 2014 sebagai pembanding dan pelunasan PBB-P2 tahun 2015 tercepat. Beberapa kriteria penilaian untuk kecamatan   yakni dinilai dari pelunasan PBB-P2 tahun 2015 tingkat kecamatan meliputi kecepatan pelunasan dengan jumlah desa, jumlah dusun, jumlah RT/RW, jumlah wajib pajak, pokok penetapan dan sistem pelunasan. Sedangkan untuk ASN, lanjut Aba Anie, penilaian dilihat dari hasil pendataan PBB-P2 yakni perekaman, pemutahiran data hasil penagihan PBB-P2 tahun 2015, tahun 2013 dan kerja tahun 2014 sebagai pembanding dan juga nilai prestasi yang terdiri dari sasaran kerja pegawai yang meliputi orientasi pelayanan, integritas, komitmen dan nilai perilaku kerja yang meliputi disiplin, kerjasama, loyalitas, inisiatif serta penilaian secara obyektif terhadap sikap dan perilaku kerja setiap hari.

Adapun yang berhasil meraih juara I, Camat Kie – Lodovikus Kause, S.Sos, juara II Camat Kuanfatu – Andreas Naitboho, SE, juara III Camat Tobu – Jonathan Missa, S.Ip. Untuk Kades, Juara I, Penjabat Kepala Desa Oetuke – Marlen Isabela A. Nomeleni S.St, juara II,   Penjabat Kepala Desa Nekmese- Agustina Marseline Udjuedo, Amd, Juara III, Penjabat Kepala Desa Suni- Gregorius Geor, SE. Sementara ASN Dispenda Kab. TTS berprestasi,   juara I, Jusak Missa, Juara II Yairus Tse dan Juara III, Yakobus Ollo

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati TTS, Drs. Obed Naitboho, MSi, Forkopimda Kabupaten TTS, Pimpinan DPRD Kabupaten TTS, Sekretaris Daerah Kabupaten TTS, Para Asisten Sekda, Para Pimpinan SKPD, para camat dan Kepala Desa serta penerima penghargaan. sumber(humaspro setda tts)

Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar



Berita Umum ini ditulis pada 31 Agustus 2016 oleh admin