Setelah berlangsung hampir 1 bulan sejak, 3 Mei 2016 akhirnya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di tutup oleh Pangdam IX Udayana Mayor Jendral TNI Kustanto Widiatmoko, MDA.

Upacara penutupan digelar Rabu, 1 Juni 2016 di Lapangan Umum Panite Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Kepala Staf Angkatan Darat selaku penanggungjawab operasional TMMD, Jenderal TNI Mulyono dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A, mengatakan TMMD adalah salah satu upaya TNI-AD dalam memperkuat pemberdayaan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah.

“Kurang lebih satu bulan para prajurit, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat telah bekerja sama dengan penuh kebersamaan dilandasi semangat kegotongroyongan dan kemanunggalan menyelesaikan program TMMD ke – 96,” tandas Jendral Mulyono.

Kebersamaan ini, lanjut Jendral Mulyono, merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, termasuk dalam membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemerintah daerah yang sangat dibutuhkan masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bersama.

TMMD ke – 96 tahun 2016 ini sebanyak 33 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah KODAM di seluruh Indonesia, di antaranya pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, rehabilitasi jalan, pengaspalan jalan, pemasangan paving dan pengerasan jalan untuk pembangunan infrastruktur lainnya berupa pembuatan dan rehab jembatan, pembuatan tanggul dan gorong-gorong serta renovasi dan pembangunan rumah ibadat dan sekolah serta pembangunan sarana sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat, semuanya tercapai 100 %

Sasaran nonfisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang wawasan kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Kamtibmas, bahaya narkoba, terorisme, kesehatan masyarakat, penanggulangan bencana alam, pertanian dan perikanan, KB dan kesehatan serta teknologi tepat guna serta kegiatan olahraga dan kesenian, pengobatan missal, bazaar dan pembagian sembako.

Jenderal TNI Mulyono berharap tindak lanjut dari program TMMD ke – 96 yakni terus memelihara kebersamaan dan semangat gotong-royong yang sudah terbina dengan baik serta merawat hasil program TMMD agar usia pakainya akan lama dan bermanfaat sehingga dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup lama.

Kegiatan penutupan TMMD ke 96 tahun 2016 diakhiri dengan peresmian Kantor Desa Batnun serta peninjauan lokasi kegiataran TMMD ke – 96 tahun 2016 di Desa Batnun. sumber(humaspro setda tts)

Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar



Berita Umum ini ditulis pada 25 Agustus 2016 oleh admin